Cara Finishing Gerobak Besi Yang Baik Dan Benar Agar Tidak Berkarat

Gerobak besi memang saat ini banyak di minati oleh para pedagang karena kuat dan tahan lama serta bisa di pakai di segala tempat.Namun ada beberapa kelemahan dari gerobak berbahan besi ini ,yaitu faktor berat,dan karat yang terjadi pada bodi besi

Penyebab karat

 Karat/Korosi adalah proses perubahan logam menjadi senyawa,terutama terjadi di lingkungan yang  lembab atau banyak air.Penyebab karat di bedakan menjadi 2 yaitu yaitu dari bahan itu sendiri dan faktor lingkungan. Faktor dari bahan meliputi kemurnian bahan,struktur bahan,bentuk kristal,unsur-unsur kelumit yang ada di dalam bahan .tehnik pencampuran bahan dan lain nya. Faktor dari lingkungan meliputi tingkat pencemaran udara,suhu,kelembapan, dan lain nya.

Finishing besi yang benar.

1.Membersihkan karat.

Untuk langkah awal finishing gerobak besi adalah membersihkan karat nya terlebih dahulu yaitu dapat menggunakan beberapa cara,antara lain ;

-Menggunakan gerinda kawat atau sering di sebut dengan gerinda mangkok.

Proses nya adalah,pasang benda ini pada gerinda dan selanjut nya langsung di gosokan pada plat besi yang berkarat.Setelah semua di sikat rata,selanjut nya di hamplas memakai no 100.Namun sebelum di hamplas di basahi dulu bodi gerobak menggunakan air yang di campur dengan detergen.Terus hamplas dan sesekali basahi pakai air detergen  sampai karat nya hilang. Selanjut nya cuci gerobak dengan air bersih agar karat tadi bisa hilang. Segera keringkan bodi gerobak  setelah di siram air dan letakan di tempat yang terik matahari agar kering sempurna. Pada tahan ini  setelah kering  bisa langsung di epoxy .

-Mengunakan zat kmia.

Banyak sekali zat kimia pembersih karat yang di jual di toko kimia, di sini saya akan menjelaskan 2 produk yang paling banyak di pakai,yaitu ;

P 805 RUST REMOVER

Cairan yang berfungsi untuk merontokan karat pada metal,spare part dan sejenis nya. Tidak merusak permukaan besi dan dapat di campur dengan air serta aman terkena tangan.

P 811 RUST CONVERTER
Ciran ini khusus di formulasikan untuk mematikan karat pada bagian permukaan besi yang akan di cat,sehingga tidak mudah berkarat. cairan ini aman jika tersentuh tangan,hanya gatal gatal,tapi segera cuci dengan air  bersih maka gatal nya akan segera hilang.Namun kalau untuk menghemat biaya, cara pertama yang saya pakai di atas lah yang efisien.
2.EPOXY FILLER
Epoxy adalah cat dasar dengan dua komponen yaitu Epoxy filler dan Hardener  Dengan adanya hardener ini memungkinkan permukaan cat yang lebih keras,kering sempurna dan cat akan melekat lebih kuat.
Setelah karat di bersihkan masuk lah tahapan epoxy.Hal yang paling penting perlu di ingat saat finishing ini adalah lakukan pada saat panas terik dan biarkan epoxy ini selama sehari penuh agar dapat melekat kuat.

3.Finishing cat inti.

Setelah epoxy kering sempurna ,maka langkah selanjut nya adalah amplas lagi dasaran epoxy tadi menggunakan amplas no 400 di campur dengan air. Untuk tahapan ini usahakan di amplas secara manual saja ,agar epoxy tidak ikut terkelupas.Pada intinya pengamplasan ini hanya untuk menghalus kan permukaan gerobak yang terkena epoxy.
Setelah itu di lanjut kan dengan finishing cat inti sesuai keinginan.Usaha kan pula pada cuaca yang panas dan diam kan sehari agar cat kuat melekat.

CLEAR/PERNIS
Tahapan terakhir dalam finishing gerobak besi adalah menyemprotkan clear/pernis dengan tujuan agar cat kuat dan tidak mudah tergores.

Demikian tadi sedikit artikel tentang cara finishing gerobak besi yang baik dan benar. Silahkan anda mencoba nya di rumah. Jika anda membutuhkan jasa pembuatan gerobak, bisa klik di sini BENGKEL GEROBAK BEKASI.
Sekian terima kasih.





0